PENDAPAT MENGENAI ILMU BUDAYA DASAR

Berikut merupakan pertanyaan pendapat mengenai Ilmu Budaya Dasar:
  1. Kompetensi dasar apa yang ingin dicapai setelah anda belajar ILMU BUDAYA DASAR?
  2. Apa pendapat kalian tentang perbedaan suku-suku yang ada di Indonesia dapat bersatu menjadi suatu kesatuan yang disebut BHINEKA TUNGGAL IKA yang menjadi dasar negara Indonesia?
  3. Manakah yang benar. Kebudayaan adalah produk manusia atau manusia produk kebudayaan? Jelaskan!

Jawab:
  1. Kompetensi dasar yang ingin dicapai setelah mempelajari IBD adalah agar lebih memahami perbedaan antar budaya yang satu dengan yang lain, sehingga dapat saling menghargai antar budaya yang ada. Serta mempelajari budaya-budaya orang lain yang bermanfaat atau berdampak postitif bagi kehidupan kita, dan menghindari kebudayaan-kebudayaan yang berdampak negatif.
  2. Jika tiap-tiap suku dapat saling menghargai satu sama lainnya, maka negara kita dapat menjadi satu kesatuan. Namun, jika terjadi kesenjangan antar suku, maka negara kita sulit untuk menjadi satu kesatuan. Jadi, jika ingin negara kita bersatu maka harus timbul sikap saling menerima satu sama lain, saling percaya, dan  saling bergotong royong. “Bersatu kita teguh, Bercerai kita runtuh”. 
  3. Pada masa lampau, kebudayaan adalah produk dari manusia. Karena secara teori, kebudayaan timbul akibat dari kegiatan manusia yang dilakukan terus menerus, sehingga menjadi suatu kebiasaan bagi suatu masyarakat. Contoh: Adat istiadat suatu suku, merupakan hasil dari kebiasaan-kebiasaan masyarakat setempat. Namun, dewasa ini teori tersebut bergeser. Manusia kini menjadi produk dari kebudayaan tersebut. Perkembangan kebudayaan dan teknologi, membuat manusia sekarang menjadi ketergantungan terhadap produk yang mereka ciptakan sendiri. Hal ini dapat diliat dari sekitar kita pada masa kini. Akibat dari globalisasi dunia, manusia sekarang menjadi ketergantungan terhadap barang elektronik (gadget). Perubahan sikap dan gaya hidup masyarakat Indonesia menjadi kebarat-baratan. Contoh-contoh tersebut merupakan bukti bahwa manusia sekarang telah menjadi produk dari kebudayaan.


Sumber:
Saya Sendiri (Hasya Azka Pudjadi)

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer